Sabtu, 19 Desember 2009

P r o d u k s i

Produktivitas tanaman Pala periode agustus tahun 2007—2008 sebesar 327,6 Ton Luas 700 Hektar dan Periode agustus 2008—2009 sebesar 936 Ton Luas 1.500 Hektar. Dengan usia tanaman pala 10—15 Tahun produktivitas per hektar pertahun sebesar 5.616 Kg. dan akan terus bertambah produktivitas tanaman pala seiring dengan pertumbuhan usia tanaman pala tersebut.
Puncak dari produktivitas tanaman pala dimulai dari usia 25 tahun yang dapat menghasilkan biji pala kering sebesar 16.848 Kg Per Hektar pertahun dan akan terus menerus hingga mencapai usia tanaman pala 115 tahun.
Untuk menjaga produktivitas tanaman pala, dilakukan pemupukan secara terus menerus setiap bulanya dengan menggunakan pupuk organic yang diperoleh dari kotoran ternak sapi dan kambing.

Permintaan pasar eksport terhadap komoditi pala (biji dan fuli) setiap tahun terus mengalami peningkatan baik jumlah maupun harga yang sampai saat ini indonesia selaku penghasil komoditi pala terbesar didunia belum dapat memenuhi permintaan tersebut. Sedang untuk permintaan pasar dalam negeri khususnya memenuhi kebutuhan industri penyulingan minyak pala masih belum terpenuhi. Sehingga PT Perkebunan Tanaman Pala terus melakukan pengembangan areal perkebunan tanaman pala yang merupakan salah satu komoditi unggulan hasil pertanian Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar